PT Batulicin Enam Sembilan – KabarKalimantan, Banjarmasin – Kepedulian keluarga besar Haji Maming terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa. Terbukti, melalui yayasan sosial yang dimiliki yakni Yayasan Haji Maming Enam Sembilan, keluarga ini membantu beasiswa untuk mahasiswa asal Tanah Bumbu yang kurang mampu. Nilainya pun sangat fantastis yakni sebesar 1 miliar rupiah. Bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Yayasan Haji Maming Enam Sembilan, meluncurkan program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan dari sisi ekonomi kurang berkemampuan. Nota kesepahaman diteken antara Ketua Dewan Pembina Yayasan H Maming Enam Sembilan Mardani  H Maming dan Rektor ULM Prof Dr  H Sutarto MSi MSc, Sabtu (14/11) di Banjarmasin. Selain itu, juga dihadiri Wakil Rektor IV ULM Prof Dr Ir Yudi Firmanul Arifin.

Komitmen kerja sama antara Yayasan H Maming Enam Sembilan dengan ULM sebenarnya tercetus sejak akhir tahun 2019 lalu. Berikutnya ditindaklanjuti dalam pembicaraan konsep. Namun sempat tersendat karena pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, juga di Kalsel. Komitmen itu akhirnya direalisasikan.

Mardani H Maming menjelaskan, yayasan dalam kesepakatan kerja sama menyalurkan dana hibah Rp 1 miliar, dijatahkan untuk 25 mahasiswa asal Tanah Bumbu yang kuliah di perguruan tinggi terbesar di Kalimantan ini.

“Masing-masing mahasiswa mendapatkan dana bantuan  beasiswa Rp 40 juta selama 8 semester atau maksimal 4 tahun kuliah,” kata Mardani.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) ini menjelaskan, syarat untuk mendapatkan beasiswa tidaklah rumit. Pertama, haruslah mahasiswa dan mahasiswi asal Tanah Bumbu yang kuliah di ULM. “Ini berlaku untuk semua jurusan, kecuali kedokteran,” ujarnya.

Kedua, lanjut Mardani, mahasiswa dan mahasiswi punya prestasi dalam bidang akademis atau lainnya. Ketiga, benar-benar tidak mampu atau kesulitan dalam pembiayaan pendidikan.

“Dengan adanya bantuan beasiswa dari Yayasan H Maming Enam Sembilan ini, putra putri berprestasi dari Tanah Bumbu tidak mengalami kendala dalam menyelesaikan pendidikan di jenjang S1 ULM,” ucap Mardani.

Lebih lanjut, Mardani menuturkan, beasiswa yang diberikan Yayasan Haji Maming Enam Sembilan bertujuan agar semakin banyak kaum terdidik yang intelektualitasnya mumpuni di Tanah Bumbu. “Nantinya, tenaga dan pikiran mereka bisa disumbangkan untuk kemajuan daerah,” tegasnya.

Mardani menambahkan, Yayasan Mardani Maming Enam Sembilan akan selalu berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan di Banua khususnya di Tanah Bumbu. “Insya Allah kami selalu berkomitmen untuk membantu. Ini hanya salahsatu nya saja,” katanya.

Sementara itu, Prof Dr Ir Yudhi Firmanul Arifin MSc menyambut gembira dan mengapresiasi komitmen Yayasan H Maming dalam membantu pendanaan kuliah mahasiswa dan mahasiswi berprestasi yang tak mampu di ULM.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Yayasan H Maming. Ini komitmen baik dari kalangan swasta, dalam hal ini pengusaha untuk ikut serta mendorong kemajuan pendidikan. Lebih khusus dalam mencetak sarjana dan kaum intelektual,” kata Yudhi.

Komitmen dan langkah yang ditempuh Yayasan H Maming membantu pendanaan mahasiswa dan mahasiswi Tanah Bumbu, patut ditiru. “Semakin banyak pihak yang peduli dengan pendidikan di Banua, semakin bagus,” pungkasnya.